Riyanti , Novita (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Materi Membaca Pengumuman Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Semirejo 01. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (429kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
|
PDF ( Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (251kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belaja rmelalui media gambar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Semirejo 01 yang berjumlah 31 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Teknik Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap : identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tidakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari lima tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentasi hasil belajar siswa sebesar 58,1% dan pada siklus II sebesar 87,1%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan media gambar mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi membaca pengumuman pada siswa kelas IV SD Negeri Semirejo 01 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, media gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 12:06 |
Last Modified: | 27 Nov 2012 12:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21572 |
Actions (login required)
View Item |