Peningkatan Antusias Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Sukolilo 04 Tahun Pelajaran 2012/2013

Sumiah, Sumiah (2012) Peningkatan Antusias Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Sukolilo 04 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._daftar_pustaka.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (487kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Antusias belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada siswa kelas IV SDN 04 Sukolilo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 04 Sukolilo yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan antusias belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SDN 04 Sukolilo Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai ratarata siswa 6,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 26%, siklus I nilai ratarata kelas 70,8 dengan persentase ketuntasan sebesar 46%, siklus II nilai ratarata kelas 74,5 dengan presentase ketuntasan sebesar 98%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan antusias belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN 04 Sukolilo tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review), antusias belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Nov 2012 11:45
Last Modified: 27 Nov 2012 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21569

Actions (login required)

View Item View Item