Peningkatan Pemahaman Konsep Gerak Benda Dengan Alat Peraga Asli Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Karanganom

Widiastuti, Ika (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Gerak Benda Dengan Alat Peraga Asli Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Karanganom. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep gerak benda melalui alat peraga asli pada pembelajaran IPA siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karanganom tahun ajaran 2012 / 2013. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan pemahaman konsep, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah alat peraga asli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 27. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validitas da ta yang digunakan adalah triangulasi data dan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga asli dapat meningkatkan pemahaman konsep gerak benda siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karanganom. Kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata siswa hanya 63,3. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 72,22 dan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 85,92. Sebelum dilakukan tindakan siswa yang memperoleh nilai kurang dari 65 sebanyak 11 siswa. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai kurang dari 65 sebanyak 8 siswa dan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai kurang dari 60 sebanyak3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan alat perag asli dapat meningkatkan pemahaman konsep gerak benda dengan pembelajaran IPA siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karanganom.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, alat peraga asli
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Nov 2012 07:13
Last Modified: 27 Nov 2012 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21554

Actions (login required)

View Item View Item