Wahyuni, Dewi (2012) Peningkatan Motivasi Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bareng Klaten Tengah Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi picture and picture jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Bareng Kecamatan Klaten Tengah yang berjumlah 26 Siswa. Obyek Penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara komparatif. Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi picture and picture motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Bareng Kecamatan Klaten Tengah ini dapat dibuktikan dengan kenaikan prosentase motivasi siswa dari pra siklus ke Siklus I sebesar 23%, dan kenaikan 19% motivasi siswa dari Siklus I ke Siklus II. Sedangkan untuk kenaikan prosentase Hasil Belajar siswa dari Pra siklus ke Siklus I sebesar 24%, sedang untuk Siklus I ke Siklus II 26%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui strategi picture and picture pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Bareng Kecamatan Klaten Tengah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Picture and Picture, motivasi, hasil belajar, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Nov 2012 11:50 |
Last Modified: | 26 Nov 2012 11:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21544 |
Actions (login required)
View Item |