Markati, Tri (2012) Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bentangan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (751kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (817kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (662kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan proses pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan tahun ajaran 2012/ 2013. (2) untuk meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan, Wonosari, Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan, sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 22 siswa putra dan 18 putri. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi ( Pengamatan), wawancara, dokumentasi, dan tes. Langkah pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, secara berkesinambungan. Hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata kelas pada awal sebelum diadakan PTK adalah 61,00 dan setelah dilaksanakan PTK siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,00 dengan KKM 65, rata-rata tersebut sudah berada di atas KKM. Pada siklus II rata-rata menjadi 71,00 dengan KKM 65, rata-rata siswa tersebut sudah berada diatas KKM, namun ada 5 siswa yang nilainya di bawah KKM. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar berada di atas KKM. (2) Proses pembelajaran model kooperatif jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, hasil belajar dan kooperatif jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2012 11:52 |
Last Modified: | 26 Nov 2012 12:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21543 |
Actions (login required)
View Item |