SUSANTA, ISKANDAR MADE (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Surat Melalui Metode Diskusi Di Kelas V SD Negeri 1 Mlese Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._halaman_depan...pdf Download (283kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (564kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menulis surat pada siswa jika diterapkan pembelajaran metode diskusi pada siswa kelas V SDN I Mlese, Gantiwarno, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Variabel yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam menulis surat, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN I Mlese, Gantiwarno, Klaten dengan jumlah siswa 19 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat. Peningkatan ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai menulis surat dan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM pada setiap siklusnya, yaitu: pada siklus I nilai rata-rata menulis surat 67,9 dengan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM ada 13 siswa atau 68,42% dari jumlah siswa, sedangkan siswa yang kurang dari KKM ada 6 siswa dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 71,32 (meningkat 4,79% dari siklus I) dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKMada 18 siswa atau 94,73% dari jumlah siswa (meningkat 27,78% dari siklus I) dan yang kurang dari KKM ada 1 siswa. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif model diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis surat pada siswa kelas V SDN I Mlese, Gantiwarno, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Diskusi, Menulis Surat, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 12:18 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 12:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21530 |
Actions (login required)
View Item |