Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi CTL Pada Kelas II SD Negeri 02 Ngabeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

HARDINI, ENI WIDI (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi CTL Pada Kelas II SD Negeri 02 Ngabeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (929kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (334kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan belajar IPA siswa kelas II SD N 2 Ngabeyan Karanganom Klaten melalui strategi CTL (Contextual Teaching And Learning). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini merupakan peneletian kolaborasi. Subyek penelitian ini tindakan kelas ini adalah guru kelas siswa kelas II SD N 2 Ngabeyan Klaten yang berjumlah 16 siswa. Objek penelitian ini adalah belajar IPA melalui strategi CTL (Contextual Teaching And Learning).Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi dan catatan lapangan. Validitas yang digunakan validitas triangulisasi. Trianggulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan yang memanfaatkan sesuatu yang lain dalam membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan melalui strategi CTL dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh dua observasi dapat diketahui bahwa aktifitas kinerja guru dalam mengajar meningkat dan mendapatkan kategori “baik dan sangat baik” pada Siklus II. Sedangkan mengenai belajar IPA juga mengalami peningkatan diketahui berdasarkan perolehan kategori penilaian dari indikator belajar IPA. Pada Siklus I nilai rata –rata 63,56 prosentase 59,39% berada pada kategori “kurang” dan kategori “cukup” sedangkan Siklus II pada nilai rata –rata 82,81 prosentase 81,25% berada pada kategori menjadi “baik” dan “baik sekali” terdapat peningkatan perolehan tingkatan nilai rata –rata 19,25 atau prosentase 21,86%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dalam belajar IPA, Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning), SD N 2 Ngabeyan Karanganom Klaten
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 12:01
Last Modified: 23 Nov 2012 12:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21524

Actions (login required)

View Item View Item