HARDINI, ENI WIDI (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi CTL Pada Kelas II SD Negeri 02 Ngabeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (929kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (334kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan belajar IPA siswa kelas II SD N 2 Ngabeyan Karanganom Klaten melalui strategi CTL (Contextual Teaching And Learning). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini merupakan peneletian kolaborasi. Subyek penelitian ini tindakan kelas ini adalah guru kelas siswa kelas II SD N 2 Ngabeyan Klaten yang berjumlah 16 siswa. Objek penelitian ini adalah belajar IPA melalui strategi CTL (Contextual Teaching And Learning).Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi dan catatan lapangan. Validitas yang digunakan validitas triangulisasi. Trianggulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan yang memanfaatkan sesuatu yang lain dalam membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan melalui strategi CTL dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh dua observasi dapat diketahui bahwa aktifitas kinerja guru dalam mengajar meningkat dan mendapatkan kategori “baik dan sangat baik” pada Siklus II. Sedangkan mengenai belajar IPA juga mengalami peningkatan diketahui berdasarkan perolehan kategori penilaian dari indikator belajar IPA. Pada Siklus I nilai rata –rata 63,56 prosentase 59,39% berada pada kategori “kurang” dan kategori “cukup” sedangkan Siklus II pada nilai rata –rata 82,81 prosentase 81,25% berada pada kategori menjadi “baik” dan “baik sekali” terdapat peningkatan perolehan tingkatan nilai rata –rata 19,25 atau prosentase 21,86%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dalam belajar IPA, Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning), SD N 2 Ngabeyan Karanganom Klaten |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 12:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 12:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21524 |
Actions (login required)
View Item |