Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Make A Match Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 1 Jungkare Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.

Suwolo, Suwolo (2012) Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Make A Match Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 1 Jungkare Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (582kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (303kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Kayamas, Jatinom, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penulis mengambil lokasi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kayumas Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah Siswa kelas Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kayumas Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 sejumlah siswa 17 orang. Sesuai dengan bentuk pendekatan penelitian kualitatif dan sumber data yang akan digunakan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumen. Untuk mengumpulkan data dalam kegiatan penelitian diperlukan caracara atau teknik pengumpulan data tertentu, sehingga proses penelitian dapat berjalan lancar. Teknik analisis data yang digunakan diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan penggunaan metode Problem Solving dapat meningkatkan prestasi dalam memecahkan masalah sehingga meningkat menjadi 86,6% dari 17 siswa. dimana pada siklus I ada peningkatan 13,3% atau 53,3% dari 17 siswa yang dapat memperoleh nilai mencapai KKM dan pada siklus II telah ada peningkatan kembali dari 53,3 % menjadi 86,6 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS dan Metode Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:01
Last Modified: 23 Nov 2012 14:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21500

Actions (login required)

View Item View Item