Suwolo, Suwolo (2012) Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Make A Match Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 1 Jungkare Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (582kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (303kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Kayamas, Jatinom, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penulis mengambil lokasi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kayumas Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah Siswa kelas Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kayumas Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 sejumlah siswa 17 orang. Sesuai dengan bentuk pendekatan penelitian kualitatif dan sumber data yang akan digunakan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumen. Untuk mengumpulkan data dalam kegiatan penelitian diperlukan caracara atau teknik pengumpulan data tertentu, sehingga proses penelitian dapat berjalan lancar. Teknik analisis data yang digunakan diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan penggunaan metode Problem Solving dapat meningkatkan prestasi dalam memecahkan masalah sehingga meningkat menjadi 86,6% dari 17 siswa. dimana pada siklus I ada peningkatan 13,3% atau 53,3% dari 17 siswa yang dapat memperoleh nilai mencapai KKM dan pada siklus II telah ada peningkatan kembali dari 53,3 % menjadi 86,6 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPS dan Metode Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 11:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 14:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21500 |
Actions (login required)
View Item |