Upaya Meningkatkan Kerja Kelompok Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN I Boto Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Rahayu , Is Dwi (2012) Upaya Meningkatkan Kerja Kelompok Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN I Boto Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (548kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada siswa jika diterapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada siswa kelas V SDN I Boto, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013”.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif dengan model jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK) dengan prosedur kerja yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika konsentrasi hasil belajar telah mencapai 75% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dukumentasi dan test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif yang meliputi reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan sikap demokratis, kepedulian sosial dan keberanian bertanya. Nilai rata-rata kelas yang semula 58 pada pra tindakan menjadi 64.06 pada siklus I. Peningkatan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 70.66. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan kerjasama kelompok yang akhirnya berdampak meningkatnya hasil belajar IPS kelas V SDN I Boto Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran model jigsaw, IPS, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:49
Last Modified: 23 Nov 2012 14:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item