Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Menggunakan Alat Peraga Garis Bilangan Siswa Kelas V SDN 2 Sidoharjo Polanharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Setyaningsih, Wiwik (2012) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Menggunakan Alat Peraga Garis Bilangan Siswa Kelas V SDN 2 Sidoharjo Polanharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (296kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat menggunakan alat peraga garis bilangan pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 2 Sidoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Sidoharjo dengan jumlah 14 siswa. Jenis data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif yang diperoleh dari tes hasil belajar, penilaian aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep bilangan bulat siswa kelas V SDN 2 Sidoharjo dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa. Kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata siswa 59. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 62 dan siklus II adalah 74. Sebelum dilakukan tindakan siswa yang memperoleh nilai = 63 sebanyak 3 siswa (21%). Pada siklus I yang memperoleh nilai = 63 sebanyak 6 siswa (43%) dan siklus II, yang memperoleh nilai = 63 sebanyak 12 siswa (86%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Garis Bilangan, Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:32
Last Modified: 23 Nov 2012 15:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21488

Actions (login required)

View Item View Item