Harjono, Eko (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Metode Pemberian Hadiah Dan Hukuman Bagi Siswa Kelas III SDN.01 Puluhan, Jatinom, Klaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (806kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
PDF (Naskah Publkasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (544kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui diharapkan strategi pemberian hadiah dan hukuman ( reward and punishman) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN.Puluhan, Jatinom, Klaten, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan strategi pemberian hadiah dan hukuman ( reward and punishment ) yang dilakukan dalam tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata- rata kognitif siswa pada siklus I yaitu 67,90 yang diperoleh dengan penggunaan metode ceramah; sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar pada siklus I sebesar 64,6% (termasuk kategori kurang berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 74,61 dari siklus I yang hanya 67,90 karena siklus II menggunakan metode pemberian hadiah dan hukuman; sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar meningkat menjadi 73,8% (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus III meningkat menjadi 89,23 dari siklus II yang hanya 74,61; sedangkan nilai rata-rata motivasi meningkat menjadi 90,7% (termasuk kategori berminat) Berdasarkam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi pemberian hadiah dan hukuman ( reward and punishment ) dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas III SDN.Puluhan, Jatinom, Klaten tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, strategi pemberian hadiah dan hukuman (reward and punishment) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 06:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21476 |
Actions (login required)
View Item |