Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013

Nurjanah, Tri Hastuti (2012) Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF (bab I)
Bab_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (306kB)

Abstract

Rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah dengan penerapan metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten? (2) Apakah dengan penerapan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten? Tujuan penelitian ini adalah (1) Ingin meningkatkan motivasi belajar IPS siswa IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun 2012/2013 dengan penerapan metode Think Pair Share dalam pembelajaran IPS, dan (2) Ingin mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten setelah diterapkan metode Think Pair Share menerapkan metode Think Pair Share dalam pembelajaran. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes dan skor motivasi belajar siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II dan direfleksi. Hasil penelitian adalah: (1) Dengan menerapkan metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan yang menunjukkan rata-rata motivasi belajar pada siklus I adalah 69,7% naik 21,2%% menjadi 90,9 pada siklus II. (2) Dengan menerapkan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan nilai rata-rata sebesar 14% dari 67,5 pada kondisi awal menjadi 78,6 pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Think Pair Share, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 06:32
Last Modified: 23 Nov 2012 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item