Penggunaan Alat Peraga Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN I Bentangan Wonosari Klaten

Agustin, Yuyun (2012) Penggunaan Alat Peraga Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN I Bentangan Wonosari Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (258kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga gambar terhadap aktifitas peserta didik dan hasil belajar matematika peserta didik Kelas II SDN I Bentangan Wonosari Klaten, (2) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran matematika setelah digunakannya alat peraga gambar pada peserta didik Kelas II SDN I Bentangan Wonosari Klaten. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 1 Bentangan, Wonosari dengan jumlah siswa 42 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan alat peraga gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN I Bentangan Wonosari Klaten. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya aktifitas dan siswa pada setiap siklusnya, yaitu: pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif ada 4 anak, aktif ada 8 anak, cukup aktif ada 20 anak dan kurang aktif ada 10 anak meningkat menjadi siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif 5 anak, aktif ada 10 anak, cukup aktif ada 25 anak dan kurang aktif ada 2 anak pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata sebelum tindakan ke siklus I yang semula 61,78 meningkat menjadi 84,16. Dari siklus I 84,16 menjadi 89,11 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM juga meningkat dari 20 anak pada pra tindakan menjadi 34 anak pada siklus I. Dari 34 anak pada siklus I menjadi 39 anak pada siklus II. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penggunaan alat peraga gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN 1 Bentangan Wonosari Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: alat peraga gambar, aktivitas, hasil belajar, matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 06:27
Last Modified: 23 Nov 2012 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item