Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika Operasi Hitung Campuran Dengan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Logede Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013

Kenconowati, Restuti (2012) Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika Operasi Hitung Campuran Dengan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Logede Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (412kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman matematika Operasi Hitung Campuran dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas III SD Negeri 2 Logede Karangnongko Klaten tahun pelajaran 2012/ 2013. Bentuk peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Logede yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman matematika. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 46,67 dengan persentase ketuntasan sebesar 40%, siklus I nilai rata-rata kelas 66 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67%, siklus II nilai rata-rata kelas 76,67 dengan persentase ketuntasan sebesar 86,67%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman matematika Operasi Hitung Campuran dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas III SD Negeri 2 Logede Karangnongko Klaten tahun pelajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), pemahaman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 06:14
Last Modified: 23 Nov 2012 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21470

Actions (login required)

View Item View Item