Kusni, Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pangonan 01 Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_Daftar_Pustaka.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_naskah_publikasil.pdf Download (936kB) |
Abstract
Peneitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Subyek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SDN pangonan 01 yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan murid. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Tehnik uji validitas menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Trianggulasi data menggunakan deskripsi, yang meliputi data hasil evalusi dan data hasil observasi. Prosedur penelitian meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan) dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan denan dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan reflection (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Pangonan 01. Adapun peningkatan hasil belajar ditunjukan dengan perolehan nilai hasil tes disetiap siklus. Pada pra siklus presentase ketuntasan hasil belajar siswa 56% atau 8 siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 66% atau 10 siswa. Dan pada siklus II meningkat sebesar 79% atau 16 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan mengunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, metode demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 12:07 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 12:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21455 |
Actions (login required)
View Item |