Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pangonan 01 Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Kusni, Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pangonan 01 Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_naskah_publikasil.pdf

Download (936kB)

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Subyek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SDN pangonan 01 yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan murid. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Tehnik uji validitas menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Trianggulasi data menggunakan deskripsi, yang meliputi data hasil evalusi dan data hasil observasi. Prosedur penelitian meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan) dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan denan dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan reflection (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Pangonan 01. Adapun peningkatan hasil belajar ditunjukan dengan perolehan nilai hasil tes disetiap siklus. Pada pra siklus presentase ketuntasan hasil belajar siswa 56% atau 8 siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 66% atau 10 siswa. Dan pada siklus II meningkat sebesar 79% atau 16 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan mengunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, metode demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 12:07
Last Modified: 22 Nov 2012 12:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item