Salim, Agus (2012) Upaya Peningkatan Keterampilan Mengarang Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas Iv Mi Tlawong Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (495kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (341kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan mengarang dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui media gambar berseri pada siswa kelas IV MI Tlawong kecamatan Sawit kabupaten Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti sebagai pelaku tindakan dan guru kelas sebagai subyek yang membantu pelaksanaan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Tlawong dan guru kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan setiap siklus hanya sekali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan rata-rata nilai prasiklus 43,12 dengan ketuntatasan belajar yang diperoleh 12,5 %, pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 68,87 dengan ketuntasan belajar 68,75 %, dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 77,5 dengan ketuntasan belajar 93,75 %. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan nilai mengarang siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan mengarang siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan mengarang, gambar berseri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 11:57 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 13:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21453 |
Actions (login required)
View Item |