Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Permainan Manik-Manik Pada Kelompok A Di BA Aisyiyah Kalitengah II Wedi Tahun Ajaran 2012/2013

Juwariyah, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Permainan Manik-Manik Pada Kelompok A Di BA Aisyiyah Kalitengah II Wedi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BAB IV )
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengan permainan manik-manik pada anak didik Kelompok A BA „Aisyiyah Kalitengah II Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah anak Kelompok A BA „Aisyiyah Kalitengah II, KecamatanWedi, Kabupaten Klaten yang berjumlah 30 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data perilaku guru, perilaku anak, dan situasi kelas dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung pada anak didik Kelompok A BA „Aisyiyah Kalitengah II melalui permainan manik-manik. Sebelum tindakan, kemampuan berhitung hanya dimiliki oleh 12 anak (40%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menggunakan permainan manik-manik pada siklus I kemampuan berhitung meningkat menjadi 16 anak (53,33%), dan siklus II meningkat menjadi 24 anak (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Dengan Permainan Manik-Manik dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak didik BA „Aisyiyah Kalitengah II KecamatanWedi, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berhitung, permainan manik-manik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:49
Last Modified: 22 Nov 2012 13:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item