Juwariyah, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Permainan Manik-Manik Pada Kelompok A Di BA Aisyiyah Kalitengah II Wedi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (213kB) |
|
|
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf Download (18kB) |
|
PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (BAB III)
5._BAB.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (BAB IV )
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengan permainan manik-manik pada anak didik Kelompok A BA „Aisyiyah Kalitengah II Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah anak Kelompok A BA „Aisyiyah Kalitengah II, KecamatanWedi, Kabupaten Klaten yang berjumlah 30 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data perilaku guru, perilaku anak, dan situasi kelas dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung pada anak didik Kelompok A BA „Aisyiyah Kalitengah II melalui permainan manik-manik. Sebelum tindakan, kemampuan berhitung hanya dimiliki oleh 12 anak (40%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menggunakan permainan manik-manik pada siklus I kemampuan berhitung meningkat menjadi 16 anak (53,33%), dan siklus II meningkat menjadi 24 anak (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Dengan Permainan Manik-Manik dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak didik BA „Aisyiyah Kalitengah II KecamatanWedi, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berhitung, permainan manik-manik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 11:49 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 13:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21450 |
Actions (login required)
View Item |