Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa Kelas Vi Sd Kanisius Pati 01

SUBANI , FX. (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa Kelas Vi Sd Kanisius Pati 01. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (642kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (465kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk motivasi dan hasil belajar IPA siswa setelah penerapan metode penemuan (discovery). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Kanisius Pati 01 yang berjumlah 35 siswa. Sumber data penelitian ini berasal dari observasi terhadap siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, serta catatan lapangan. Data hasil belajar siswa dianalisa menggunakan teknis analisis diskriptif komparatif, sedangkan motivasi siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran dianalisis menggunakan teknis analisis interaktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yang meliputi: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam mengelola pembelajaran semakin meningkat dari semula kurang baik menjadi semakin baik, bahkan sangat baik. Dari hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA setelah menggunakan metode pembelajaran discovery. Peningkatan motivasi belajar tersebut berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Pada pra siklus prosentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 63%. Setelah dilakukan tindakan terbukti prosentase ketuntasan hasil belajar siswa semakin meningkat. Pada siklus I pertemuan 1 prosentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 74%, pada pertemuan 2 mencapai 88%, Pada siklus II mencapai 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD Kanisius Pati 01, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi dan hasil belajar IPA, metode discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:32
Last Modified: 22 Nov 2012 14:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item View Item