Upaya Meningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Media Gambar Bagi Anak Kelompok A Di BA ‘Aisyiyah IV Tegal Sepur Klaten Tengah Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Sutarjiani, Sutarjiani (2012) Upaya Meningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Media Gambar Bagi Anak Kelompok A Di BA ‘Aisyiyah IV Tegal Sepur Klaten Tengah Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (411kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui media gambar pada anak didik Kelompok A di BA ‘Aisyiyah IV Tegal Sepur Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A di BA ‘AisyiyahIV Tegal Sepur, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berberhitung pada anak didik Kelompok A di BA ‘Aisyiyah IV Tgal Sepur melalui Media Gambar. Sebelum tindakan, kemampuan berhitung hanya dimiliki oleh 6 anak (30%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu berhitung dengan media gambar pada siklus I kemampuan berhitung meningkat menjadi 10 anak (50%), dan siklus II meningkat menjadi 16 anak (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Adanya peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Media Gambar Pada Anak Didik BA ‘Aisyiyah IV Tegal Sepur Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berhitung, Melalui Media Gambar,sarana pendukung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:20
Last Modified: 22 Nov 2012 10:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21422

Actions (login required)

View Item View Item