Wuryanti, Kristin (2012) Meningkatkan Pengembangan Kognitif Melalui Metode Bermain Kotak-Kotak Angka Pada Anak Kelas A Taman Kanak-Kanak Tiara Nusa Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf Download (568kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (298kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan kognitif melalui metode bermain kotak-kotak angka.pada anak TK Tiara Nusa Klaten Kelompok A Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Tiara Nusa Klaten yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran kemampuan anak. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, dengan dua siklus, setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan menggunakan metode bermain kotak-kotak angka dapat meningkatkan pengembangan kognitif anak kelas A Taman Kanak-Kanak Tiara Nusa Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 80% dari 15 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengembangan kognitif di TK Tiara Nusa Klaten. Sebelum tindakan, kemampuan pengembangan kognitif hanya dimiliki oleh 5 anak (33,33%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan bermain kotak-kotak angka pada siklus I kemampuan pengembangan kognitif meningkat menjadi 9 anak (60%), dan siklus II meningkat menjadi 12 anak (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui Metode Bermain Kotak-Kotak Angka dapat meningkatkan pengembangan kognitif pada anak kelas A TK Tiara Nusa Klaten tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bermain kotak-kotak angka, pengembangan kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 07:52 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 08:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21416 |
Actions (login required)
View Item |