Pamuji, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Tebak Kata Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi Gedaren Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (431kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (261kB) |
Abstract
Pembelajaran berbahasa dengan metode ceramah ternyata hanya menghasilkan 30 % anak yang mampu membaca permulaan dengan baik. Padahal harapan guru anak yang mampu membaca permulaan dengan baik mencapai 80 %. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Membaca PermulaanPada Anak Kelompok B di TK Pertiwi GedarenJatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Gedaren Jatinom Klaten pada anak kelompok B tahun ajaran 2012/2013. Data tentang perilaku guru, anak dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan membaca permulaan anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan prosentase kemampuan membaca permulaan dari sebelum tindakan sampai pada siklus II, pada saat sebelum tindakan 41%, siklus I mencapai 68%, dan siklus II mencapai 84%. Melalui permainan tebak kata dapat menjadikan kegiatan pembelajaran membaca permulaan tidak lagi dianggap usaha yang sulit dan rumit, serta mengeluarkan energi yang banyak. Hal ini karena dengan permainan tebak kata dapat memberikan suatu pembelajaran yang santai dan menyenangkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan dan Permainan Tebak Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 04:59 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 04:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21407 |
Actions (login required)
View Item |