Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Tebak Kata Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi Gedaren Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Pamuji, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Tebak Kata Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi Gedaren Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (261kB)

Abstract

Pembelajaran berbahasa dengan metode ceramah ternyata hanya menghasilkan 30 % anak yang mampu membaca permulaan dengan baik. Padahal harapan guru anak yang mampu membaca permulaan dengan baik mencapai 80 %. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Membaca PermulaanPada Anak Kelompok B di TK Pertiwi GedarenJatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Gedaren Jatinom Klaten pada anak kelompok B tahun ajaran 2012/2013. Data tentang perilaku guru, anak dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan membaca permulaan anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan prosentase kemampuan membaca permulaan dari sebelum tindakan sampai pada siklus II, pada saat sebelum tindakan 41%, siklus I mencapai 68%, dan siklus II mencapai 84%. Melalui permainan tebak kata dapat menjadikan kegiatan pembelajaran membaca permulaan tidak lagi dianggap usaha yang sulit dan rumit, serta mengeluarkan energi yang banyak. Hal ini karena dengan permainan tebak kata dapat memberikan suatu pembelajaran yang santai dan menyenangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan dan Permainan Tebak Kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 04:59
Last Modified: 22 Nov 2012 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21407

Actions (login required)

View Item View Item