Nurkayati, Sri (2012) Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Relaksasi Pada Anak Kelompok B Di TK Maria Assumpta Klaten Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf Download (814kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (757kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (757kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (757kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode relaksasi pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun ajaran 2012-2013. Sebelum diberikan tindakan, kemampuan sosial emosional anak sangat rendah dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode relaksasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak - kelompok B Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan metode relaksasi dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun ajaran 2012-2013 meningkat minimal 75% dari 24 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan metode relaksasi sebanyak 8 anak (33,33%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode relaksasi siklus I kemampuan sosial emosional anak meningkat menjadi 15 anak (62,50%), dan pada siklus II kemampuan sosial emosional anak meningkat menjadi sebanyak 20 anak (83,33%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan "Diduga melalui metode relaksasi dapat meningkatkan kemarnpuan sosial emosional anak pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun ajaran 2012-2013" terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Sosial Emosional, Relaksasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 11:59 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 13:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21386 |
Actions (login required)
View Item |