Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Relaksasi Pada Anak Kelompok B Di TK Maria Assumpta Klaten Tahun Ajaran 2012-2013

Nurkayati, Sri (2012) Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Relaksasi Pada Anak Kelompok B Di TK Maria Assumpta Klaten Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (814kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (757kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (757kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (757kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode relaksasi pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun ajaran 2012-2013. Sebelum diberikan tindakan, kemampuan sosial emosional anak sangat rendah dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode relaksasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak - kelompok B Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan metode relaksasi dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun ajaran 2012-2013 meningkat minimal 75% dari 24 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan metode relaksasi sebanyak 8 anak (33,33%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode relaksasi siklus I kemampuan sosial emosional anak meningkat menjadi 15 anak (62,50%), dan pada siklus II kemampuan sosial emosional anak meningkat menjadi sebanyak 20 anak (83,33%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan "Diduga melalui metode relaksasi dapat meningkatkan kemarnpuan sosial emosional anak pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun ajaran 2012-2013" terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sosial Emosional, Relaksasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:59
Last Modified: 21 Nov 2012 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21386

Actions (login required)

View Item View Item