Penggunaan Alat Peraga Gambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini TK Aisyiyah 03 Sroyo Kanten

Zain, Ida Masulah (2012) Penggunaan Alat Peraga Gambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini TK Aisyiyah 03 Sroyo Kanten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga gambar untuk meningkatkan minat membaca permulaan. Penerima tindakan adalah anak kelompok B TK Aisyiyah 03 Sroyo Kanten yang berjumlah 15 anak. Subyek penelitiannya adalah guru dan anak. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja anak dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan anak dalam minat membaca permulaan dengan menggunakan alat peraga gambar.Peningkatan minat anak dalam :Minat dalam aspek perasaan senang sebelum tindakan 33,3% (5 anak), Siklus I 53,3 % (8 anak), Siklus II 73,3 %(11 anak).Minat dalam aspek Ketertarikan sebelum tindakan 46,6 %(7 anak), Siklus I 60 % (9 anak), Siklus II 80 % (12 anak).Minat dalam aspek Perhatian sebelum tindakan 53,3% (5 anak) Siklus I 60 % (9 anak), Siklus II 86,6 % (13 anak).Minat dalam aspek Keterlibatan sebelum tindakan 46,6 % (7 anak), Siklus I 73,3 % (11 anak), Siklus II 93,3 % (14 anak). Kata

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, gambar, minat membaca permulaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:49
Last Modified: 21 Nov 2012 13:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item View Item