Faiszatin, Sri (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Komputer Siswa Kelas II Semester I SD N Grogolan 02 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
cover_dan_lainnya.pdf Download (374kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (275kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika menggunakan media komputer. Subyek penelitian adalah Siswa kelas II SD N Grogolan 02 yang berjumlah 17 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah Data hasil belajar siswa, Data guru selaku peneliti, Data keaktifan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, dan pengamatan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas dalam pembelajaran Matematika. Adapun peningkatan kualitas pembelajaran pada kondisi awal siswa menunjukkan bahwa banyak siswa yang aktif 24% atau sebanyak 4 anak dari 17 siswa. Banyak siswa yang kurang terlibat dan tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran 76% atau sebanyak 13 anak dari 17 siswa, siswa yang tuntas sesuai KKM sejumlah 5 siswa atau 29,41 %. Pada siklus I diperoleh data bahwa Banyak siswa yang aktif 35% atau sebanyak 6 anak dari 17 siswa. Banyak siswa yang kurang terlibat dan tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran 65% atau sebanyak 11 anak dari 17 siswa, siswa yang telah tuntas KKM sejumlah 11 siswa atau 64,71%. Dari hasil observasi pada siklus II diperoleh data bahwa banyak siswa yang aktif 71% atau sebanyak 12 anak dari 17 siswa. Banyak siswa yang kurang terlibat dan tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran 29% atau sebanyak 5 anak dari 17 siswa, siswa yang tuntas sesuai KKM sejumlah 17 siswa atau 100 %. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan pembelajaran Matematika dengan menggunakan media komputer mampu meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas- pembelajaran, Matematika, media-Komputer |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 11:27 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 15:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21369 |
Actions (login required)
View Item |