Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Isbudiyono, Tri (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

Metode pembelajaran problem solving adalah cara penyajian dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan yang kemudian dianalisis dan diagnosis untuk mendapatkan jawabannya atau penyelesaian masalahnya oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas V SDN 2 Gayamprit, kecamatan Klaten Selatan, kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012 /2013. Penelitian ini mencoba menerapkan metode pembelajaran problem solving pada siswa kelas V, SDN 2 Gayamprit, kecamatan Klaten Selatan, kabupaten Klaten yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini mempunyai tahapan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumntasi. Pada kondisi awal, sebanyak 73 % atau sekitar 22 siswa dari 30 siswa belum berhasil mendapatkan hasil yang diharapkan. Melalui penerapan metode proble m solving pada kelas V SDN 2 Gayamprit dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SDN 2 Gayamprit sebesar 73 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:06
Last Modified: 21 Nov 2012 15:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21362

Actions (login required)

View Item View Item