Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Bermain Lego Konstruktif Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Planggu III Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Rahayu, Vivit (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Bermain Lego Konstruktif Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Planggu III Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.Halaman_Depan.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04.BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (BAB II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (BAB III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (BAB IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BAB V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui bermain lego di TK Pertiwi Planggu III Trucuk Klaten. Adapun masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui bermain lego di TK Pertiwi Planggu III Trucuk Klaten. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Pertiwi Planggu III Trucuk Klaten yang berjumlah 11 anak. Penelitian tindakan kelas ini bersifat partisipatif dan kolaboratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan/observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas mengenai bermain lego dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK Pertiwi Planggu III Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat diketahui dari hasil lembar tabulasi skor observasi peningkatan keterampilan motorik halus melalui bermain lego anak, terlihat pada siklus 35%, pada siklus I sebesar 67% dan pada siklus II sebesar 84%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan motorik halus anak, bermain lego, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Nov 2012 12:11
Last Modified: 20 Nov 2012 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21326

Actions (login required)

View Item View Item