Widaryatmi, Endah (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menirukan Gerakan Ibadah Melalui Metode Demonstrasi Pada Kelompok B TK Pertiwi Mojayan I Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (318kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04_BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (BAB II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (BAB III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (BAB IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
PDF (BAB V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Menirukan Gerakan Ibadah melalui Metode Demonstrasi pada anak didik Kelompok B TK Pertiwi Mojayan 1 Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Pertiwi Mojayan 1, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Menirukan Gerakan Ibadah pada anak didik Kelompok B TK Pertiwi Mojayan 1 melalui Metode Demonstrasi . Sebelum tindakan kemampuan Kemampuan Menirukan Gerakan Ibadah hanya dimiliki oleh 5 anak (25%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu Upaya Meningkatkan Kemam[puan Menirukan Gerakan Ibadah pada siklus I meningkat menjadi 9 anak (45%), dan siklus II meningkat menjadi 16 anak (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Adanya peningkatan kemampuan pengenbangan nilai-nilai agama moral pada indikator mampu melakukan gerakan ibadah dengan metode demonstrasi pada anak didik TK Pertiwi Mojayan I Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode demonstrasi, pengembangan nilai-nilai agama moral |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 20 Nov 2012 12:04 |
Last Modified: | 20 Nov 2012 12:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21325 |
Actions (login required)
View Item |