Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sabrang Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Srituparsi, Andriani (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sabrang Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah dengan menggunakan media kartu huruf dalam pembelajaran membaca awal dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak kelompok B di TK Pertiwi Sabrang Kec. Delanggu Kab. Klaten Tahun Ajaran 2012/2013? Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan prosedur penelitian : persiapan, implementasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara, penugasan dan dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media kartu huruf sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dalam proses pembelajaran pada anak kelompok B di TK Pertiwi Sabrang Tahun Ajaran 2012/2013, karena: (1) media kartu huruf merupakan media pembelajaran yang cukup efektif untuk meningkatkan keterlibatan aktif anak dalam proses pembelajaran, dan meningkatkan antusias anak mengikuti pembelajaran (2) penggunaan media kartu huruf cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak kelompok B TK Pertiwi Sabrang Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca awal anak melalui Media Kartu Huruf pada Kelompok B di TK Pertiwi Sabrang, Siklus I 60,20%, Siklus II 73,33%, Siklus II 86,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah mellaui media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mebaca awal anak pada kelompok B di TK Pertiwi Sabrang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:31
Last Modified: 20 Nov 2012 11:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item View Item