Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Ngering Jogonalan Klaten Tahun 2012

Suwartai, Suwarti (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Ngering Jogonalan Klaten Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: “Untuk meningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar pada anak Kelompok B di TK Pertiwi Ngering Jogonalan Klaten tahun 2012”. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi Ngering Jogonalan Klaten tahun 2012. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, wali murid dan anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik wawancara, (2) observasi atau pengamatan, (3) analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Dalam hal ini menggunakan uraian-uraian. Proses penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) penerapan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak dari pra siklus 45,4% ke siklus 1 meningkat menjadi 59,2%, dan ke siklus 2 meningkat menjadi 73,5%, (2) Dengan media gambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara, dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal ini terbukti di setiap pembelajaran keterampilan berbicara dengan media gambar, kata ataupun kalimat yang diucapkan anak semakin baik dan sempurna. Dengan demikian hipotesis tindakan dapat diterima kebenarannya atau terbukti benar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:26
Last Modified: 20 Nov 2012 13:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21310

Actions (login required)

View Item View Item