Rahayu, Sri Esthi (2012) Peningkatan Perkembangan Ketrampilan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Bom Defusing pada Anak Kelompok A di TK Kridawita Klaten Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (362kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Ba V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (409kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menurut tahap perkembangannya, anak pada usia 4 tahun umumnya sudah dapat menjalin hubungan sosial dengan orang-orang yang ada disekitarnya khususnya dengan sesama anak-anak. Di seluruh belahan dunia atau dalam budaya manapun setiap manusia baik anak-anak atau pun dewasa bermain adalah kebutuhan demi kesenangan, tanpa paksaaan, dilakukan dengan sukarela, tidak mengikat (peraturannya bisa berubah-ubah), tidak harus diselesaikan, spontan, semua peserta berperan aktif, sifatnya non-literal (pura-pura) dan fleksibel juga tanpa mempertimbangkan hasil akhir Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan keterampilan sosial anak kelompok A di TK Kridawita Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 dengan menerapkan metode bermain kooperatif yang tertuang dalam permainan bom defusing. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Kridawita Klaten, yang berjumlah 28 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan (1) menjumlahkan skore yang dicapai anak pada setiap butir amatan, (2) Membuat tabulasi score observasi peningkatan keterampilan sosial Melalui Permainan Bom Defusing yang terdiri dari nomor, nama anak, butir amatan Hasil penelitian adalah: (1) penerapan metode bermain kooperatif yang tertuang dalam permainan bom defusing dapat meningkatkan perkembangan keterampilan sosial anak pada anak kelompok A di TK Kridawita Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan rata-rata nilai dan persentasi peningkatan keterampilan sosial dari siklus ke siklus. Rata-rata nilai siswa naik sebesar 36,7% dari kondisi pra siklus 5,0 menjadi 7,9 pada siklus II, persentasi peningkatan keterampilan sosial naik 36,6% dari kondisi pra siklus sebesar 50,2 mennjadi 79,3 pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Keterampilan Sosial, Metode Bermain Bom Defusing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 20 Nov 2012 10:35 |
Last Modified: | 20 Nov 2012 10:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21301 |
Actions (login required)
View Item |