Muji, Sri (2012) Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Pada Anak Kelompok B Di Tk Pgri Mranggen Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (178kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Faftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (190kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
Abstract
Pembelajaran berbahasa dengan metode ceramah ternyata hanya menghasilkan 25 % anak yang mampu berbahasa dengan baik. Padahal harapan guru anak yang mampu berbahasa dengan baik mencapai 80 %. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Pada Anak Kelompok B di TK PGRI Mranggen Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan setting TK PGRI Mranggen Jatinom Klaten pada anak kelompok B tahun pelajaran 2012/2013. Data tentang perilaku guru, anak dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan berbahasa anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B TK PGRI Mranggn Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun langkah-langkah pembelajaran melalui permainan tebak kata yang berhasil adalah sebagai berikut : 1) guru memperkenalkan dan menjelaskan cara permainan tebak kata, 2) setiap gambar dan kata diberi variasi warna sehingga anak tertarik, 3) setiap kata ukurannya diperbesar agar anak lebih jelas mengenal kata dan lebih mudah membacanya, 4) guru menunjukkan bagian gambar yang bertuliskan kata kepada anak lalu dilafalkan secara jelas, 5) guru membimbing anak mengucapkan kata yang tertulis di disamping/di bawah gambar dengan tepat, 6) guru mengambil kartu kata dan gambar lalu menunjukkan tulisan dan gambarnya, kemudian anak diminta menyebutkan nama gambarnya, anak diminta menghubungkan tulisan dengan gambar yang melambangkannya, kemudian anak diminta membaca kata
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbahasa dan Permainan Tebak Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Nov 2012 11:30 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 11:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21284 |
Actions (login required)
View Item |