Givianita, Dwi (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Bermain Sosiodrama Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Ngemplak, Kalikotes, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
CAVER_SKRIPSI_BU_DWI.pdf Download (320kB) |
|
|
PDF (BAB I)
SKRIPSI_BAB_I_DWI_GIVIANITA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (BAB II)
SKRIPSI_BAB_II_DWI_GIVIANITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (BAB III)
SKRIPSI_BAB_III_DWI_GIVIANITA_REVISI_AKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
PDF (Nadkah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_DWI_SEPTIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komunikasi anak dengan menerapkan metode bermain sosiodrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B, di TK Pertiwi Ngemplak, Kalikotes, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif dengan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan komunikasi dengan menilai kemampuan anak dan untuk mengetahui proses pembelajaran sosiodrama dikumpulkan melalui observasi dan catatan di lapangan. Keabsahan data dan perbandingan yaitu dengan caramembandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi anak dengan menerapkan metode sosiodrama, yakni sebelum tindakan 26,17%, Siklus I mencapai 65,76%, siklus II mencapai 84,38%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Sosiodrama, Kemampuan Komunikasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 19 Nov 2012 11:10 |
Last Modified: | 19 Nov 2012 11:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21282 |
Actions (login required)
View Item |