Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Bermain Sosiodrama Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Ngemplak, Kalikotes, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Givianita, Dwi (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Bermain Sosiodrama Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Ngemplak, Kalikotes, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
CAVER_SKRIPSI_BU_DWI.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
SKRIPSI_BAB_I_DWI_GIVIANITA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (BAB II)
SKRIPSI_BAB_II_DWI_GIVIANITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (BAB III)
SKRIPSI_BAB_III_DWI_GIVIANITA_REVISI_AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] PDF (Nadkah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_DWI_SEPTIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komunikasi anak dengan menerapkan metode bermain sosiodrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B, di TK Pertiwi Ngemplak, Kalikotes, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif dengan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan komunikasi dengan menilai kemampuan anak dan untuk mengetahui proses pembelajaran sosiodrama dikumpulkan melalui observasi dan catatan di lapangan. Keabsahan data dan perbandingan yaitu dengan caramembandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi anak dengan menerapkan metode sosiodrama, yakni sebelum tindakan 26,17%, Siklus I mencapai 65,76%, siklus II mencapai 84,38%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain Sosiodrama, Kemampuan Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Nov 2012 11:10
Last Modified: 19 Nov 2012 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21282

Actions (login required)

View Item View Item