Sugiyah , Sugiyah (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Tipe Stad Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Rogomulyo 02 Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (202kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (87kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
PUBLIKASI.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02 masih rendah. Upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02, yang terdiri dari 12 siswa putra dan 17 siswa putri. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan bentuk triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu membandingkan antara motivasi kondisi awal, siklus I dan siklus II. Teknik analisis data terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam mempelajari peta lingkungan Kabupaten Pati. Adapun peningkatan motivasi dapat dilihat dari rata-rata motivasi pra tindakan, siklus I dan siklus II. Pada pra tindakan rata-rata motivasi 38%, pada siklus I rata-rata motivasi 69% dan pada siklus II rata-rata motivasi 93%. Hal ini berarti ada peningkatan motivasi belajar dari pra tindakan sampai siklus II sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran tipe STAD yang diterapkan pada siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02 dapat meningkatkan motivasi belajar IPS.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, IPS, model pembelajaran tipe STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Nov 2012 10:33 |
Last Modified: | 19 Nov 2012 10:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21273 |
Actions (login required)
View Item |