Penggunaan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Di MI Muhammadiyah Basin Tahun Pelajaran 2012/2013

Wahyusari, Anita (2012) Penggunaan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Di MI Muhammadiyah Basin Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penggunaan strategi Index Card Match untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerimaan tindakan adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Basin yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukannya melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat adanya peningkatan motivasi belajar sebagai berikut : siswa pada prasiklus tekun belajar 11 siswa ( 33,33% ), tidak putus asa 10 siswa (30%), tidak cepat bosan 11 siswa (33,33%), belajar mandiri 14 siswa (46,67%), inovatif 10 siswa (30%) meningkat pada siklus I : tekun belajar 13 siswa (43,33%), tidak putus asa 12 siswa (40%), tidak bosan 11 siswa ( 36,67%), belajar mandiri 15 siswa (40%), inovatif 14 siswa (46,67%), meningkat pada siklus II: tekun belajar 14 siswa (46,67%), tidak putus asa 12 siswa (40%), tidak bosan 14 siswa (47,67%), belajar mandiri 15 siswa (50%), inovatif 16 siswa (53,33%). Karena adanya peningkatan motivasi belajar tersebut, hasil belajar siswap meningkat antara lain : (a) rata-rata kelas sebelum tindakan adalah 57,16 , (b) pada siklus I meningkat menjadi 69, (c) pada siklus II meningkat menjadi 81,73. Dengan data tersebut membuktikan bahwa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II dengan penerapan strategi Index Card Match dan telah mencapai indikator pencapaian hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas yaitu > 70. Dari penelitan ini dapat disimpulkan bahwa strategi Index Card Match pada pembelajaran IPA kelas IV dapat meningkat motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match dan Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Nov 2012 07:21
Last Modified: 17 Nov 2012 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21259

Actions (login required)

View Item View Item