Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tk Kridawita Klaten Tahun 2012-2013

Suharni, Suharni (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tk Kridawita Klaten Tahun 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (528kB)

Abstract

Pengembangan bahasa dengan metode ceramah atau konvensional bagi anak pada kelompok B TK Kridawita Klaten dirasakan kurang berhasil, hanya 33,33% anak yang memiliki kemampuan berbahasa baik. Harapan guru tentang kemampuan berbahasa anak sebesar 80% dari jumlah anak dalam satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bermain peran pada anak Kelompok B TK Kridawita Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah anak Kelompok B TK Kridawita Klaten yang berjumlah 18 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran kemampuan anak. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa pada anak Kelompok B TK Kridawita Klaten melalui metode bermain peran.. Sebelum tindakan, kemampuan berbahasa hanya dimiliki oleh 6 anak (33,33%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode bermain peran pada siklus I kemampuan berbahasa meningkat menjadi 9 anak (50%), dan siklus II meningkat menjadi 15 anak (83,33%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini disimpulkan dengan ’’ penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B di TK Kridawita Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, kemampuan berbahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Nov 2012 07:14
Last Modified: 17 Nov 2012 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item View Item