Suharni, Suharni (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tk Kridawita Klaten Tahun 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (524kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (528kB) |
Abstract
Pengembangan bahasa dengan metode ceramah atau konvensional bagi anak pada kelompok B TK Kridawita Klaten dirasakan kurang berhasil, hanya 33,33% anak yang memiliki kemampuan berbahasa baik. Harapan guru tentang kemampuan berbahasa anak sebesar 80% dari jumlah anak dalam satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bermain peran pada anak Kelompok B TK Kridawita Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah anak Kelompok B TK Kridawita Klaten yang berjumlah 18 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran kemampuan anak. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa pada anak Kelompok B TK Kridawita Klaten melalui metode bermain peran.. Sebelum tindakan, kemampuan berbahasa hanya dimiliki oleh 6 anak (33,33%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode bermain peran pada siklus I kemampuan berbahasa meningkat menjadi 9 anak (50%), dan siklus II meningkat menjadi 15 anak (83,33%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini disimpulkan dengan ’’ penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B di TK Kridawita Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bermain peran, kemampuan berbahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Nov 2012 07:14 |
Last Modified: | 17 Nov 2012 07:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21258 |
Actions (login required)
View Item |