Erliana, Eka Yuni (2012) Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebak Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (491kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (501kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang kemudian berdampak pada hasil belajar melalui penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan metode pembelajaran Simulasi. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri 03 Kebak dan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas V SD Negeri 03 Kebak yang berjumlah 24 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang kemudian berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang meliputi aktivitas: (1) Bertanya, sebelum tindakan hanya 7 siswa (29,17 %) dan pada akhir tindakan mencapai 18 siswa (75,00 %) (2) Berpendapat, sebelum tindakan hanya 5 siswa (20,83 %) dan pada akhir tindakan mencapai 18 siswa (75,00 %) (3) Perhatian, sebelum tindakan hanya 8 siswa (33,33 %) dan pada akhir tindakan mencapai 19 siswa (79,17 %) (4) Mengerjakan tugas, sebelum tindakan hanya 9 siswa (37,50 %) dan pada akhir tindakan mencapai 20 siswa (83,33 %) (5) Kerjasama kelompok, sebelum tindakan hanya 5 siswa (20,83 %) dan pada akhir tindakan mencapai 19 siswa (79,17 %). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran yaitu sebelum tindakan, prosentase keberhasilan siswa yang nilainya di atas KKM (≥ 70) hanya 54,17 % dan pada akhir tindakan mencapai 87,50 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kebak Kebakkramat tahun pelajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, metode simulasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Nov 2012 09:48 |
Last Modified: | 16 Nov 2012 09:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21240 |
Actions (login required)
View Item |