Khutfiah, Munafiatul (2012) Analisis Fungsi Dan Makna Prefiks Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (405kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mendeskripsikan fungsi dan makna prefiks karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) untuk mengetahui fungsi dan makna prefiks yang paling dominan yang digunakan dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, yaitu dengan menyimak dan membaca karangan narasi yang telah dibuat oleh siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, kemudian dilanjutkan dengan teknik catat yaitu pencatatan kata yang mengandung prefiks dalam karangan narasi tersebut. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis mengalir. Hasil penelitian ini menemukan data sebagai berikut: (1) dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, prefiks yang sering muncul dan digunakan oleh siswa adalah prefiks ber-, meN-, se-, ter-, pe-, dan di-; (2) prefiks yang paling banyak dipakai adalah prefiks ber- dan meN-; (3) fungsi yang paling dominan pada prefiks ber- yang dipakai dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono adalah fungsi di mana jika prefiks ber- bertemu dengan kata benda atau kata bilangan, prefiks ber- berfungsi membentuk kata kerja atau kata sifat, sedangkan fungsi dominan pada prefiks meN- adalah fungsi di mana prefiks meN- membentuk kata kerja aktif transitif; dan (4) makna yang paling dominan muncul pada prefiks ber- dan meN- yang dipakai dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono adalah makna ‘melakukan tindakan/ kegiatan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prefiks, Karangan narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Nov 2012 06:48 |
Last Modified: | 16 Nov 2012 06:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21233 |
Actions (login required)
View Item |