Analisis Fungsi Dan Makna Prefiks Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono

Khutfiah, Munafiatul (2012) Analisis Fungsi Dan Makna Prefiks Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (405kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mendeskripsikan fungsi dan makna prefiks karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) untuk mengetahui fungsi dan makna prefiks yang paling dominan yang digunakan dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, yaitu dengan menyimak dan membaca karangan narasi yang telah dibuat oleh siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, kemudian dilanjutkan dengan teknik catat yaitu pencatatan kata yang mengandung prefiks dalam karangan narasi tersebut. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis mengalir. Hasil penelitian ini menemukan data sebagai berikut: (1) dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono, prefiks yang sering muncul dan digunakan oleh siswa adalah prefiks ber-, meN-, se-, ter-, pe-, dan di-; (2) prefiks yang paling banyak dipakai adalah prefiks ber- dan meN-; (3) fungsi yang paling dominan pada prefiks ber- yang dipakai dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono adalah fungsi di mana jika prefiks ber- bertemu dengan kata benda atau kata bilangan, prefiks ber- berfungsi membentuk kata kerja atau kata sifat, sedangkan fungsi dominan pada prefiks meN- adalah fungsi di mana prefiks meN- membentuk kata kerja aktif transitif; dan (4) makna yang paling dominan muncul pada prefiks ber- dan meN- yang dipakai dalam karangan narasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono adalah makna ‘melakukan tindakan/ kegiatan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prefiks, Karangan narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Nov 2012 06:48
Last Modified: 16 Nov 2012 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21233

Actions (login required)

View Item View Item