Peningkatan Prestasi Belajar IPA Fungsi Organ Pernapasan Manusia Dan Hewan Metode Dali Siswa Kelas V Semester I MI Muhammadiyah Tangkisanpos Jogonalan Klaten Tahun 2012/2013

Syarifudin, Agus (2012) Peningkatan Prestasi Belajar IPA Fungsi Organ Pernapasan Manusia Dan Hewan Metode Dali Siswa Kelas V Semester I MI Muhammadiyah Tangkisanpos Jogonalan Klaten Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui keefektifan dengan menggunakan metode Developing Active Learning with ICT (DALI) dalam meningkatkan prestasi hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Tangkisanpos Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 19 siswa ( 11 putra dan 8 putri ) dan guru kelas V MI Muhammadiyah Tangkisanpos. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data pokok ( primer ) yaitu siswa, guru dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder meliputi arsip / dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar siswa, dan foto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumen. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari data aktivitas siswa dan data prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, guru bertindak sebagai kolaboran atau pengamat dan peran penulis sebagai fasilitator pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V MI Muhamadiyah Tangkisanpos, Jogonalan, Klaten dari siklus I sebesar 63%, siklus II sebesar 89%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode DALI, Prestasi Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Nov 2012 11:40
Last Modified: 14 Nov 2012 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21219

Actions (login required)

View Item View Item