Purwan, Susi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Pokok Bahasan Segi Empat (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (568kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (522kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakartayang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, metode observasi, catatan lapangan, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini yaitu ada peningkatan kemampuan berpikir siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan penalaran meliputi: (1) kemampuan siswa mengajukan ide dan dugaan sebelum tindakan19,09 %, putaran I 28,57 %, putaran II 47,61 %, dan di akhir 61,90 %. (2) kemampuan menentukan rumus secara tepat dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 9,25 %, putaran I 23,80%, putaran II 38,09% dan di akhir tindakan 57,14%, (3) kemampuan melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan 23,80%, putaran I 33,33%, putaran II 57,14% dan di akhir tindakan 71,42%, (4) kemampuan menarik kesimpulan sebelum tindakan 14,28%, putaran I 23,80%, putaran II 47,61% dan di akhir tindakan 66,66 %.Dan hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu : sebelum putaran 23,80 % , putaran I 23,85 %, putaran II47,61% dan diakhir putaran 57,14 %.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 12:18 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 12:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21201 |
Actions (login required)
View Item |