Wibowo, Nugroho Dadi (2012) Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ips Pada Materi Pembagian Waktu Dengan Media Globe Siswa Kelas V Sdn Baleharjo 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
DEPAN.pdf Download (411kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (69kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASDKAH_PUBLIKASI.pdf Download (471kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang masih rendah, yaitu hanya 33,33% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥60, memenuhi KKM, Metode yang digunakan masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanhasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas V SDN Baleharjo II Kecamatan sukodono tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Baleharjo II Kecamatan sukodono. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara,tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif yang terdiri daritiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: Pada siklus I pertemuan pertama dari 24 siswa yang hadir terdapat 62,5% yang mendapat nilai ≥60, sebagai KKM dan Pada siklus I pertemuan kedua dari 24 siswa yang hadir terdapat 87,5% yang mendapat nilai ≥60, sebagai KKM. Pada siklus II dari 24 siswa yang hadir terdapat91,6% yang mendapat nilai ≥60, sebagai KKM, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 4,1% darisiklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Demonstrasidapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Baleharjo II Kecamatan Sukodono tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Universitas Muhammadiyah Surakarta, Metode pembelajaran Demonstrasi, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 07:15 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 09:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21162 |
Actions (login required)
View Item |