Muti’ah, Siti (2012) Perbandingan Antara Pembelajaran Strategi Card Sort Dengan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas Vii Smp Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
||
PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
|
PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
||
|
PDF (NAskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi yang menggunakan strategi pembelajaran card sort dengan strategi pembelajaran make a match pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penelitian ini adalah Eksperimen Pendidikan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta, yang terdiri dari sepuluh kelas dan sampel kelas sebanyak tiga yaitu kelas VIIE dengan jumlah siswa 27 orang, dan kelas VIIH dengan jumlah siswa 26 orang sebagai kelas eksperimen serta kelas VIIF dengan jumlah siswa 28 orang sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis true eksperimental dengan rancangan penelitian posttest only control design. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik non random sampling jenis purposive sample. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan post tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis, tetapi sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi card sort dengan kelas yang menggunakan strategi make a match, hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,039<0,05. Apabila ditinjau dari hasil belajar siswa, strategi pembelajaran make a match lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran card sort hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelasnya yaitu kelas make a match= 77,04 dan kelas card sort= 69,81
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi card sort, Strategi make a match, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 06:37 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 10:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21152 |
Actions (login required)
View Item |