Perbandingan Antara Pembelajaran Strategi Card Sort Dengan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas Vii Smp Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Muti’ah, Siti (2012) Perbandingan Antara Pembelajaran Strategi Card Sort Dengan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas Vii Smp Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (474kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (NAskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi yang menggunakan strategi pembelajaran card sort dengan strategi pembelajaran make a match pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penelitian ini adalah Eksperimen Pendidikan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta, yang terdiri dari sepuluh kelas dan sampel kelas sebanyak tiga yaitu kelas VIIE dengan jumlah siswa 27 orang, dan kelas VIIH dengan jumlah siswa 26 orang sebagai kelas eksperimen serta kelas VIIF dengan jumlah siswa 28 orang sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis true eksperimental dengan rancangan penelitian posttest only control design. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik non random sampling jenis purposive sample. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan post tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis, tetapi sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi card sort dengan kelas yang menggunakan strategi make a match, hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,039<0,05. Apabila ditinjau dari hasil belajar siswa, strategi pembelajaran make a match lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran card sort hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelasnya yaitu kelas make a match= 77,04 dan kelas card sort= 69,81

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi card sort, Strategi make a match, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 06:37
Last Modified: 13 Nov 2012 10:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21152

Actions (login required)

View Item View Item